Tips Menghadapi Suhu Arab Saudi

Terdapat perbedaan cuaca yang cukup signifikan antara cuaca di Indonesia dan Arab Saudi. Cuaca di Arab Saudi terkenal panas bahkan suhunya bisa sampai 40 derajat celcius. Tentu bagi masyarakat Indonesia yang terbiasa berada di iklim tropis akan menjadi kondisi yang cukup sulit. Hal ini bisa memengaruhi kesehatan para jamaah haji dari Indonesia. Berikut adalah beberapa tips bagi jamaah haji agar bisa tetap sehat dan bugar selama berada di Arab Saudi.

1. Kurangi aktivitas di udara terbuka

"Umumnya para jamaah berusaha untuk melaksanakan sholat arbain (sholat berjamah 40 waktu) di Mesjid Nabawi dengan lengkap. Apabila udara sangat tinggi dan gejala dehidrasi mulai terasa, maka jangan paksakan diri," kata dr Ari.

Gejala dehidrasi diantaranya kulit kering, bau mulut, kram otot, pusing, bahkan bisa demam dan menggigil. Ketika sudah mengalami tanda-tanda tersebut, segera isi cairan tubuh dengan banyak minum air putih.

2. Atur pola makan

Menjaga pola makan menjadi kunci utama agar tubuh mendapat asupan gizi yang cukup. Terkadang karena terlalu fokus ibadah kita sampai lupa menjaga makan. Padahal tubuh masih harus menerima asupan nutrisi agar tubuh tetap dalam kondisi fit.

3. Hindari minuman berkafein

Udara yang panas menjadikan tubuh rentan terkena dehidrasi. Untuk itu, hindari dulu minuman yang mengandung kafein selama di Arab Saudi karena zat kafein dapat memperparah dehidrasi itu sendiri.

4. Istirahat yang cukup

Perjalanan haji memang memiliki proses yang cukup lama. Baik dalam perjalanan berangkat maupun saat menunaikan ibadah haji itu sendiri. Untuk itu diperlukan istirahat yang cukup agar bisa menjalankan ibadah haji secara lancar tanpa terganggu kondisi tubuh yang kurang fit.

5. Selalu cek kesehatan

Hal tersebut dilakukan agar masalah kesehatan bisa ditangani dengan baik.


Bookmark and Share

0 Comments

Leave a Comment